Maaf Blog Ini Telah Berpindah Ke
Kagehisa Ryuzaki Indonesia

27 Mei 2014

Perbandingan Seri RPG Maker

Mungkin, Kalian sering kali bertanya atau mendengar, Perbedaan dari seri - seri RPG Maker yang ini dengan yang lainnya apa ? RMVX dengan RMVXA apa? Bagus yang mana? RMXP dengan RMVX bagus mana? dan hal-hal semacamnya. Dengan adanya post ini saya harap setidaknya bisa memberi gambaran pada mereka-mereka yang bertanya hal-hal seperti tadi. Ok, langsung ke inti postnya.

1. RPG Maker 2000 / 2003
RPG Maker 2003

Sejujurnya sih, saya belom pernah memakai RPG Maker yang tipe ini. Namun, Secara garis besar, RPG Maker seri ini menawarkan grafis retro. Seperti game GBA dan RPG classic lainnya.

Kelebihan
  • Bisa didapat dengan bebas / free.
  • System eventing RPG Maker seri ini tergolong paling kuat.
Kekurangan
  • Mungkin bagi beberapa orang tidak tahan lihat grafis retro atau classic.
  • Tidak support RGSS / Script.
  • Tidak support file-file dengan ekstensi baru seperti ekstensi .ogg dalam music.
2. RPG Maker XP

RPG Maker XP
Pada seri RPG Maker XP, grafis mapping telah berubah drastis dari versi sebelumnya. Dibanding dengan seri sebelumnya, RMXP menyediakan grafis yang lebih baik dan fitur RGSS untuk developer agar bisa membuat systemnya sendiri.

Kelebihan
  • Multilayer Mapping atau dapat mengganti Tileset dan Mapping ber-Layer . Menjadikan mapping lebih leluasa.
  • Unlimited tileset. Tileset RMXP bisa dibikin sebanyak yang kalian inginkan.
  • Style sprite 2 grid (tinggi) menjadi RMXP tetap diminati.
  • Cara penyusunan RGSS adalah lebih seperti struktural dan terdapat banyak dokumentasi disana-sini. Sehingga mungkin bisa dibilang mudah bagi mereka yang baru mengerti script RGSS.
Kelemahan
  • Mapping pada RMXP tergolong Susah untuk mereka yang malas mapping.
  • RGSS pada RMXP yang tergolong struktural memungkinkan terjadinya overwrite/penumpukan disana-sini yang menyebabkan tidak kompatiblenya script satu dengan yang lainnya.
  • Tidak ada note pada database sehingga tidak mungkin dilakukan notetag pada RMXP. Semua settingan harus ditulis dalam script.
3. RPG Maker VX

RPG Maker VX
Tidak seperti seri sebelumnya. RMVX Menyediakan grafis yang berbeda. Yaitu one grid character (lebih pendek dan imut). Atau bisa disebut chibi. Beberapa fitur lain ditambahkan dalam seri ini. Dan yang lainnya dihilangkan. Selengkapnya ada dibawah ini.

 Kelebihan

  • Cara mapping lebih disederhanakan. Bagi mereka yang malas atau yang tidak rajin mapping detail.
  • Adanya event shortcut (transfer, chest, inn), memudahkan pembuatan event.
  • Cara penyusunan RGSS2 tergolong OOP memudahkan aliasing sehingga lebih meningkatkan kompatibilitas antara script lain.
  • Note database. Sehingga memungkinkan mengedit database dengan notetag tanpa perlu menyeting semuanya dalam script.
  • Tergolong seri RPG Maker yang simple dari seri lain.
Kekurangan
  • Tidak memiliki multilayer mapping. Hal ini menyebabkan mapping pada VX terbatas.
  • Secara default, RMVX tidak menyediakan fitur multi-tileset. Yang tersedia hanyalah TileA sampai dengan TileE sepanjang permainan.
  • Fitur 4 Directions pada RMXP dihilangkan.
  • Fitur Fog pada RMXP dihilangkan.
  • Style karakter yang chibi adalah salah satu alasan dari RMXP user untuk tidak ingin beralih ke RMVX.
4. RPG Maker VX Ace

RPG Maker VX Ace
Secara garis besar, RMVXA bisa dibilang adalah RMVX yang ditambah fiturnya beberapa dari RMXP dan beberapa tambahan fitur lainnya. Selengkapnya bisa kalian baca dibawah ini.

Kelebihan
  • Support muti tileset seperti RMXP.
  • Support 4 direction seperti RMXP, Damage floor, terrain tag dan semacamnya.
  • Database lebih leluasa dengan tambahan "feature".
  • Support damage formula. Dimana kamu bisa membikin damage formula stylemu sendir.
  • Support play movie.

Kekurangan
  • Settingan database yang bisa dibilang tidak newbie-friendly.
  • File RTP-nya berukuran besar (200 MB).
  • Grafis yang di sediakan tetap seperti VX. Yaitu chibi.
Sekian Post dari saya .
Terima Kasih atas Kunjungannya

Source: http://theolized.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar